Visi dan Misi

Visi

Menjadi pusat keunggulan dalam pengembangan dan penyebaran ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia berlandaskan komitmen yang tinggi, keimanan, dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga lulusannya mampu bersaing di tingkat internasional pada tahun 2026.

Misi

Misi Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia PPS Universitas Negeri Padang adalah sebagai berikut.

  1. Meningkatkan keefektifan sistem, manajemen organisasi, dan sumber daya Program Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Padang untuk mewujudkan lembaga yang unggul dalam pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan penyediaan informasi di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia berdasarkan lima pilar pendidikan: belajar hidup berke-Tuhan-an Yang Maha Esa (learning to believe in God), belajar untuk menguasai ilmu pengetahuan (learning to know), belajar untuk menguasai keterampilan (learning to do), belajar untuk hidup bermasyarakat (learning to live together), dan belajar untuk mengembangkan diri secara maksimal (learning to be).
  2. Menyelenggarakan program pembelajaran yang efektif dan efisien untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan akademik yang tinggi di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, berakhlak mulia, dan aktif dalam membangun lingkungannya, baik di tingkat regional, nasional, maupun internasional.
  3. Menyelenggarakan penelitian di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia untuk mengembangkan ipteks, menghasilkan karya inovatif, dan visioner.

Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk menerapkan,  mema-syarakatkan, serta  memberikan layanan informasi  Ipteks di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dalam rangka memenuhi keperluan pembangunan di tingkat lokal regional, nasional, dan internasional.

Tujuan

Tujuan  Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia adalah mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi tenaga pendidik di perguruan tinggi (S-1) yang mengembangkan kemampuan dalam bidang pembelajaran bahasa Indonesia yang memiliki keunggulan-keunggulan seperti: (a) andal dalam berfikir sistem, kritis, kreatif, dan inovatif untuk pengembangan penyelenggaraan pendidikan bahasa Indonesia; (b) berkeahlian dalam bidang metodologi dam evaluasi pengajaran bahasa dan sastra; (c) mahir dalam melakukan penelitian dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia; (d) terampil mengkomunikasikan hasil kerjanya secara lisan maupun tulis.

Sasaran

Sasaran Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia menghasilkan lulusan Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang: (a) menguasai teori bahasa dan sastra untuk mengembangkan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis penelitian (b) mampu melaksanakan pembelajaran secara efefktif dan efesien—merancang dan mengembangkan kurikulum, membuat perencanaan pembelajaran, pengembangan materi, mengelola kelas, dan mengevaluasi pembelajaran—melakukan penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.