Kurikulum

Logo

UNIVERSITAS NEGERI PADANG

DAFTAR MATAKULIAH
TAHUN KURIKULUM : 2019 [2019]
Fakultas Fakultas Bahasa dan Seni
Prog. Studi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S2)
No Kode Matakuliah SKS Semester
Jml T P L
1). Mata Kuliah Wajib Program Studi
A. Wajib
1 IND1.82.1007 Metode Penelitian (Research Metode) 3 3 0 0 1
2 IND1.82.1008 Statistika Pendidikan (Statistics of Education) 2 2 0 0 1
3 IND1.82.1009 Kajian Tindak Tutur (Speech Act Analysis) 2 2 0 0 1
4 IND1.82.1010 Linguistik Mutakhir (Advanced Linguistics) 3 3 0 0 1
5 IND1.82.1011 Sastra Bandingan (Comparation of Literature) 3 3 0 0 1
6 IND1.82.1012 Sosiolingusitik Pendidikan (Sociolinguistics of Education) 2 2 0 0 1
7 IND1.82.2007 Pengembangan Kurikulum dan Disain Pembelajaran Bahasa (Curriculum Development and Language Learning Design) 3 3 0 0 2
8 IND1.82.2008 Perbandingan Wacana (Discourse Comparison) 3 3 0 0 2
9 IND1.82.2009 Sastra Terapan (Applied Literature) 2 2 0 0 2
10 IND1.82.2010 Metode Penelitian Pembelajaran Bahasa (Research Methods in Language Learning) 2 2 0 0 2
11 IND1.82.3006 Filsafat Ilmu (Philosophy of Science) 2 2 0 0 3
12 IND1.82.3007 Landasan Ilmu Pendidikan (Foundation of Science Education) 3 3 0 0 3
13 IND1.82.3008 Pengembangan Asesmen Pembelajaran Bahasa (Development of Language Learning Assessment) 3 3 0 0 3
14 IND1.82.3009 Pemerolehan Bahasa (Language Acquisition) 2 2 0 0 3
15 IND1.82.3010 Seminar Proposal Tesis (Seminar of Thesis Proposal) 1 0 1 0 3
16 IND1.82.3011 Seminar Hasil Penelitian (Seminar on Research Results) 1 0 1 0 3
17 IND1.82.4002 Tesis (Thesis) 6 0 6 0 4
Jumlah SKS 43 35 8 0
2). Mata Kuliah Pilihan Program Studi
A. Pilihan
1 IND2.82.2004 Pengembangan jurnal dan Terbitan Ilmiah (Development of journal and Scientific Issues) 2 2 0 0 2
Jumlah SKS 2 2 0 0

Sinopsis (Synopsis)IND1.82.1007 Metode Penelitian (Research Metode) 3 SKS

Membahas secara mendalam tentang langkah-langkah penelitian ilmiah dengan bebeberapa macam pendekatan, baik kuantitatif maupun kualitatif  ataupun pendekatan lainnya dengan memperhatikan kekuatan dan keterbatasannya masing-masing, sehingga mahasiswa dapat mengajukan proposal penelitian baik untuk tesis maupun penelitian lainnya. (Discuss in depth about the steps of scientific research with several kinds of approaches, both quantitative and qualitative or other approaches with regard to their respective strengths and limitations, so that students can submit research proposals for both theses and other research.)

IND1.82.1008 Statistika Pendidikan (Statistics of Education) 2 SKS

Perkuliahan ini diisi dengan pembahasan tentang konsep  dasar tentang apliksi statistik dalam pendidikan, terutama dalam penelitian dan interpretasi hasil olahan data. Ke dalamnya tercakup konsep-konsep statistika, pemilihan analisis statistika untuk masalah penelitian, interpretasi skor individu, macam-macam koefisien korelasi, prediksi pengacakan dan kesalahan dalam pengambilan sampel, pengujian hipotesis, uji-t, ANOVA untuk rancangan acak, blok, faktorial, dan regresi, serta analisis data menggunakan software komputer. (This lecture is filled with a discussion of the basic concepts of statistical applications in education, especially in research and interpretation of processed data. It includes statistical concepts, selection of statistical analysis for research problems, interpretation of individual scores, kinds of correlation coefficients, prediction of randomization and errors in sampling, hypothesis testing, t-test, ANOVA for random, block, factorial and regression, and data analysis using computer software.)

IND1.82.1009 Kajian Tindak Tutur (Speech Act Analysis) 2 SKS

Perkuliahan ini diisi dengan pembahasan tentang  peristiwa tutur, tindak tutur, strategi bertutur, konteks tindak tutur, eksplikatur dan implikatur serta proses inferensinya, prinsip komunikasi efektif, kepatutan bertindak tutur, dan kesantunan berbahasa. Di samping itu, perkuliahan ini  berisi pemanfaatan konsep dan hasil penelitian pragmatik untuk pembelajaran bahasa Indonesia. (This lecture is filled with discussion about speech events, speech acts, speaking strategies, context of speech acts, exploratory and implicature as well as the inferior process, the principle of effective communication, propriety in speech acts, and politeness in language. In addition, this lecture contains the use of concepts and results of pragmatic research for learning Indonesian.)

IND1.82.1010 Linguistik Mutakhir (Advanced Linguistics) 3 SKS

Perkuliahan ini berisi pembahasan tentang: aliran-aliran linguistik dalam abad XXyang melandasi pembelajaranbahasa (Indonesia);histografi dankekhasan linguistik Indonesia, serta pemilihan teori Linguistik Fungsional sebagai perspektif barupemahaman dan pengemasan materi pembelajaran bahasa Indonesia; dan pemberdayaan aspek-aspek bahasa sebagai ancangan solusi terhadap permasalahan pembelajaran bahasa Indonesia. (This lecture contains a discussion of: linguistic schools in the twentieth century that underlie language learning (Indonesia), histography and the Indonesian linguistic reality, and the selection of Functional Linguistic theory as a new perspective on understanding and packaging Indonesian learning materials; and empowering aspects of language as a solution to the problems of learning Indonesian.)

IND1.82.1011 Sastra Bandingan (Comparation of Literature) 3 SKS

Perkuliahan ini diisi dengan pembahasan tentang hakikat sastra bandingan dan metodologi perbandingan sastra. Ke dalamnya tercakup tentang perbandingan antarsastra nusantara dan antara sastra nusantara dengan sastra mancanegara. (This lecture is filled with a discussion of the nature of comparative literature and the comparative literature methodology. It includes the comparison between the literature of the archipelago and between the literary archipelago with foreign literature.)

IND1.82.1012 Sosiolingusitik Pendidikan (Sociolinguistics of Education) 2 SKS

Perkuliahan ini diisi dengan pembahasan tentang sosiolinguistik sebagai ilmu terapan dalam menangani masalah pendidikan dan pembelajaran bahasa. Ke dalamnya tercakup pemakaian bahasa dalam masyarakat, pemilihan dan menggunakan bahasa yang sesuai dengan konteks dan situasi tertentu, serta mampu meneliti dalam lingkup penggunaan aspek sosiolinguistik dalam pembelajaran bahasa. (This lecture is filled with a discussion about sociolinguistics as an applied science in dealing with issues of education and language learning. It includes the use of language in society, the selection and use of language that is appropriate to certain contexts and situations, and able to examine the scope of the use of sociolinguistic aspects in language learning.)

IND1.82.2007 Pengembangan Kurikulum dan Disain Pembelajaran Bahasa (Curriculum Development and Language Learning Design) 3 SKS

Perkuliahan ini diisi dengan pembahasan tentang model pengembangan kurikulum bahasa, tahapan pengembangan kurikulum bahasa, bentuk dan pola pengembangan disain pembelajaran bahasa, dan disain pembelajaran bahasa berbasis pendekatan, metode dan teknik. Ke dalamnya juga tercakup pengembangan materi pembelajaran bahasa dan pengembangan metode pembelajaran bahasa. (This lecture is filled with a discussion of the language curriculum development model, the stages of language curriculum development, the form and pattern of developing language learning designs, and language learning design based on approaches, methods and techniques. It also includes the development of language learning materials and the development of language learning methods)

IND1.82.2008 Perbandingan Wacana (Discourse Comparison) 3 SKS

Perkuliahan ini diisi dengan pembahasan lebih lanjut tentang hakikat wacana (pengertian, kedudukan wacana dalam linguistik dan bidang ilmu lainnya, dan perkembangan kajian wacana), karakteristik dan  jenis wacana, serta  latihan memahami dan menganalisis berbagai jenis wacana dengan menerapkan berbagai pendekatan, metode dan teknik analisis wacana. (This lecture is filled with further discussion of the nature of discourse (understanding, position of discourse in linguistics and other fields of science, and development of discourse studies), characteristics and types of discourse, and exercises in understanding and analyzing various types of discourse by applying various approaches, methods and analytical techniques discourse.)

IND1.82.2009 Sastra Terapan (Applied Literature) 2 SKS

Perkuliahan ini  diisi dengan pembahasan tentang hakikat sastra terapan dan penerapannya hasil kajiannya dalam berbagai bidang, khusus pembelajaran sastra Indonesia. Ke dalamnya juga tercakup terapan hasil kajian sastra dalam konteks sosial, budaya, politik, dan ideologi serta proses kreatif dalam bersastra. (This lecture is filled with discussions about the nature of applied literature and the application of the results of its studies in various fields, specifically learning Indonesian literature. It also includes applied results of literary studies in social, cultural, political, and ideological contexts and creative processes in literature.)

IND1.82.2010 Metode Penelitian Pembelajaran Bahasa (Research Methods in Language Learning) 2 SKS

Perkuliahan ini diisi dengan pembahasan tentang penulisan disain dan teknik menulis laporan penelitian dalam bidang pembelajaran bahasa Indonesia. Ke dalamnya tercakup pengajuan masalah penelitian, pengkajian teoritis, penyusunan metodologi, penganalisisan dan pembahasan hasil, penyusuna simpulan dan rancangan laporan penelitian. (This lecture is filled with discussions about design writing and techniques for writing research reports in the field of learning Indonesian. It includes the submission of research problems, theoretical studies, preparation of methodologies, analyzing and discussing results, using conclusions and designing research reports.)

IND1.82.3006 Filsafat Ilmu (Philosophy of Science) 2 SKS

Perkuliahan ini diisi dengan pokok-pokok gagasan yang hidup di dalam dunia filsafat, dan aksiologi serta terminologi ilmu, proses penguasaan pengetahuan, nilai, kegunaan ilmu dan kaitannya dengan teknologi, kebudayaan, agama serta pengambilan keputusan, logika, matematika, statistika dan bahasa dalam kegiatan berpikir. (This lecture is filled with points of ideas that live in the world of philosophy, and axiology and terminology of science, the process of mastering knowledge, values, usefulness of science and its relation to technology, culture, religion and decision making, logic, mathematics, statistics and language in activities think.)

IND1.82.3007 Landasan Ilmu Pendidikan (Foundation of Science Education) 3 SKS

Perkuliahan diisi dengan pembahasan tentang latar belakang sosial budaya dan filosofis pendidikan, saling hubugan antara kehidupan sosial budaya dengan pendidikan, dan peran pendidikan dalam proses perubahan sosial budaya. Ke dalamnya tercakup aliran-aliran yang mempengaruhi pendidikan. (The lecture is filled with discussion of the socio-cultural and philosophical background of education, the mutual relationship between socio-cultural life and education, and the role of education in the process of socio-cultural change. It includes the schools that influence education.)

IND1.82.3008 Pengembangan Asesmen Pembelajaran Bahasa (Development of Language Learning Assessment) 3 SKS

Perkuliahan ini diisi dengan pembahasan tentang konsep, prinsip, serta prosedur asesmen serta pengembangan keterampilan dalam merencanakan, menyusun, melaksanakan, menganalisis, dan menilai hasil asesmen pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Fokus utama adalah pada pengembangan model asesmen otentik: kinerja, portofolio, dan rubrik.(This lecture is filled with a discussion of concepts, principles, and assessment procedures and skills development in planning, compiling, implementing, analyzing, and assessing the results of learning of Indonesian Language and Literature. The main focus is on developing authentic assessment models: performance, portfolio, and rubrics.)

IND1.82.3009 Pemerolehan Bahasa (Language Acquisition) 2 SKS

Perkuliahan ini diisi dengan pembahasan tentang teori-teori pemerolehan bahasa, baik bahasa pertama maupun bahasa kedua atau bahasa asing. Ke dalamnya tercakup penelitian tentang pemerolehan bahasa dan dimensi pembelajaran bahasa.(This lecture is filled with discussion of theories of language acquisition, both first language and second language or foreign languages. It includes research on language acquisition and language learning dimensions.)

IND1.82.3010 Seminar Proposal Tesis (Seminar of Thesis Proposal) 1 SKS

Perkuliahan ini dilaksanakan dalam bentuk penyajian proposal oleh mahasiswa di hadapan dosen pembimbing, dosen penguji, dan mahasiswa untuk mendapatkan masukan sebelum melaksanakan penelitian.(This lecture is carried out in the form of presentation of proposals by students in front of supervisors, examiners, and students to get input before conducting research.)IND1.82.3011 Seminar Hasil Penelitian (Seminar on Research Results) 1 SKS

Perkuliahan ini dilaksanakan dalam bentuk penyajian hasil penelitian oleh mahasiswa di depan dosen pembimbing, dosen penguji, dan mahasiswa untuk mendapatkan masukan untuk memperbaiki laporan hasil penelitian.(This lecture is carried out in the form of presenting the results of research by students in front of supervisors, examiners, and students to get input to improve the research report.)

IND1.82.4002 Tesis (Thesis) 6 SKS

Perkuliahan ini dilaksanakan dalam bentuk pelaksanaan penelitian oleh mahasiswa dan setelah diseminarkan maka diuji secara tertutup di depan tim penguji yang terdiri atas dua orang dosen pembimbing dan tiga orang dosen penguji, salah seorang di antaranya berasal dari luar bidang ilmu mahasiswa.(This lecture was conducted in the form of conducting research by students and after the seminar was then closed in front of the examiners team consisting of two supervisors and three examiners, one of whom came from outside the student science field.)

IND2.82.2004 Pengembangan jurnal dan Terbitan Ilmiah (Development of journal and Scientific Issues) 2 SKS

Perkuliahan ini diisi dengan pembahasan tentang penulisan artikel untuk jurnal ilmiah, editing, dan pengelolaan junal secara profesional.(This lecture is filled with discussions about writing articles for scientific journals, editing, and professional management in a professional manner. )